Maret PENGARUH EDUKASI URUTAN MAKAN (SERAT–PROTEIN–KARBOHIDRAT) TERHADAP PENGETAHUAN DAN GAMBARAN KADAR GLUKOSA DARAH POSTPRANDIAL PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TUTUYAN

Authors

  • Azmi maftuhatil khoiriyah Universitas Sam Ratulangi Author
  • Mulyadi Mulyadi Author
  • Gratsia Victoria Fernandez Author

Keywords:

diabetes melitus tipe 2, edukasi, urutan makan, glukosa darah postprandial

Abstract

Abstrak: Diabetes melitus tipe 2 merupakan penyakit kronis dengan masalah utama berupa 
hiperglikemia postprandial yang meningkatkan berbagai risiko komplikasi. Rendahnya 
pengetahuan pasien dalam pengelolaan pola makan menjadi salah satu hambatan dalam 
pengendalian glukosa darah, sehingga edukasi urutan makan (serat–protein–karbohidrat) 
dipandang sebagai strategi nonfarmakologis yang potensial untuk meningkatkan pengetahuan 
dan mengendalikan glukosa postprandial. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh edukasi 
urutan makan (serat–protein–karbohidrat) terhadap peningkatan pengetahuan dan perubahan 
kadar glukosa darah postprandial pada pasien Diabetes tipe 2. penelitian ini kuantitatif 
menggunakan desain quasi-eksperimen one-group pretest–posttest dengan 30 responden sesuai 
kriteria inklusi. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner pengetahuan urutan makan dan 
glucometer. Analisis data meliputi univariat, uji normalitas, dan bivariat menggunakan uji 
Wilcoxon Signed Rank Test untuk menilai perbedaan sebelum dan sesudah intervensi. penelitian 
menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan pasien sebelum intervensi berada pada kategori sedang 
hingga rendah, sedangkan setelah diberikan edukasi urutan makan terjadi peningkatan tingkat 
pengetahuan, dan perbedaan tersebut bermakna secara statistik (p < 0,05). Rata-rata kadar 
glukosa darah postprandial sebelum intervensi berada di atas batas normal, dan setelah intervensi 
mengalami penurunan, namun hasil pengukuran masih belum mencapai target glukosa 
postprandial normal (<180mg/dL). Kesimpulan Edukasi urutan makan (serat–protein
karbohidrat) secara signifikan meningkatkan pengetahuan pasien Diabetes Melitus Tipe 2 dan 
menurunkan kadar glukosa darah postprandial, meskipun belum sepenuhnya mencapai rentang 
normal. Intervensi sederhana ini dapat menjadi strategi non-farmakologis efektif dalam 
pengendalian glukosa postprandial. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aschner, P., Basit, A., Fawwad, A.,

Guariguata, L., Ogle, G., Ogurtsova,

K., Patterson, C., & Ramachandran, A.

(2024). Diabetes Epidemiology

Studies.

Burden, T. (2019). HHS PublicAccess. 3136

.https://doi.org/10.1016/j.copsyc.2015.

03.004.Treatment

Darsini, Fahrurrozi, C. (2021). Pendidikan

Kesehatan. 8–40.

Dwi Puspasari, Dr. dr.Trihono,, Heny

Lestary, N. A. (2023). Survei

Kesehatan Indonesia (SKI). 5(2).

Giuntini, E. B., Sardá, F. A. H., & de

Menezes, E. W. (2022). The Effects of

Soluble Dietary Fibers on Glycemic

Response: An Overview and Futures

Perspectives. Foods, 11(23), 1–26.

https://doi.org/10.3390/foods1123393

4

Goyal R Jialal I, S. M. (2025). Type 2

Diabetes BT - StatPearls [Internet].

StatPearls Publishing.

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/

NBK513253/

Hamzah. (2020). Laporan Riskesdas 2018

Nasional.pdf. In Lembaga Penerbit

Balitbangkes (pp. 70–75).

https://repository.badankebijakan.kem

kes.go.id/id/eprint/3514/1/Laporan

Riskesdas 2018 Nasional.pdf

IDF. (2025). IDF Diabetes Atlas.

International Diabetes Federation.

https://diabetesatlas.org/

Keslan, D. (2024). Mengenal Diet Diabetes

Mellitus. Direktorat Jenderal

Kesehatan Lanjutan, Kementerian

Kesehatan RI.

https://keslan.kemkes.go.id/view_artik

el/3810/mengenal-diet-diabetes

mellitus

Kubota, S., Liu, Y., Iizuka, K., Kuwata, H.,

Seino, Y., & Yabe, D. (2020). A

review of recent findings on meal

sequence: An attractive dietary

approach to prevention and

management of type 2 diabetes.

Nutrients, 12(9), 1–8.

https://doi.org/10.3390/nu12092502

Langapa, J. G., Lamonge, A. S., Molle, I.

M., & Manangkalangi, K. (2025).

Jurnal Ilmiah Perawat Manado (

JUIPERDO ) Pengetahuan dan Gaya

Hidup Penderita Diabetes Melitus

Tipe 2 Knowledge and Lifestyle of

Patients with Type 2 Diabetes

Mellitus. 13(1), 16–23.

Maisyarah, Salman, Efendi Sianturi, D. W.,

Ganif Djuwadi, R. R. S., & Lusiana

Gultom, Puji Laksmini, N. B. A.

(2021). Dasar Media Komunikasi,

Informasi, Edukasi ( KIE ) Kesehatan

(Janner Simarmata (ed.)). Yayasan

Kita Menulis.

Pola, D. A. N., Pada, M., Diabetes, P., & Di,

T. (2020). Pengaruh edukasi gizi

terhadap pengetahuan gizi, sikap, dan

pola makan pada pasien diabetes tipe

2 di puskesmas kecamatan ciracas.

2(2), 54–64.

Purwaningsih, E., Suwanto, A. W.,

Wiratmoko, H., & Anam, A. K.

(2025). Menjaga Kestabilan Gula

Darah. Media Nusa Creative (MNC

Publishing). TY - BOOK%0AT1

Menjaga

Darah%0AAU

Kestabilan -

Gula

Purwaningsih,

E.%0AAU - Suwanto, A. W.%0AAU - Wiratmoko, H.%0AAU - Anam, A.

K.%0APY - 2025%0APB - Media

Nusa

Creative

Publishing)%0ASN

9786231759191%0ASN

(MNC - -

6231759199%0ALA - id%0ASP

Shukla, A. P., Andono, J., Touhamy, S. H.,

Casper, A., Iliescu, R. G., Mauer, E.,

Shan Zhu, Y., Ludwig, D. S., &

Aronne, L. J. (2017). Carbohydrate

last meal pattern lowers postprandial

glucose and insulin excursions in type

2

diabetes. BMJ Open Diabetes

Research and Care, 5(1), 6–10.

https://doi.org/10.1136/bmjdrc-2017

000440

Shukla, A. P., Dickison, M., Coughlin, N.,

Karan, A., Mauer, E., Truong, W.,

Casper, A., Emiliano, A. B., Kumar,

R. B., Saunders, K. H., Igel, L. I., &

Aronne, L. J. (2019). The impact of

food order on postprandial glycaemic

excursions in prediabetes. Diabetes,

Obesity and Metabolism, 21(2), 377

381.

https://doi.org/10.1111/dom.13503

Sofie, N., Sefrina, L. R., & Karawang, U. S.

(2022). Literature Review: The Effect

of Nutrition Education on Dietary

Changes to Diabetes Mellitus Patient.

14(2).

Thomas, S., Besecker, B., Choe, Y., &

Christofides, E. (2024). Postprandial

glycemic response to a high-protein

diabetes-specific

nutritional

shake

compared to isocaloric instant oatmeal

in people with type 2 diabetes: a

randomized,

controlled,

crossover

trial. Frontiers in Clinical Diabetes

and

Healthcare,

5(June),

1–9.

https://doi.org/10.3389/fcdhc.2024.13

99410

Touhamy, S., Palepu, K., Karan, A.,

Hootman, K. C., Riad, J., Sripadrao,

S.,

Zhao, A. S., Giannita, A.,

D’angelo, D., Alonso, L. C., Aronne,

L.

J.,

& Shukla, A. P. (2025).

Carbohydrates-Last

Food

Order

Improves Time in Range and Reduces

Glycemic Variability. Diabetes Care,

48(2),

e15–e16.

https://doi.org/10.2337/dc24-1956

WHO. (2025). Diabetes (Fact Sheet). World

Health

Organization.

https://www.who.int/news-room/fact

sheets/detail/diabetes

Downloads

Published

2026-03-02